Thursday, March 30, 2017

Ayat-ayat Ini Jika Dibaca Sebelum Tidur, Subhanallah Keutamaannya...

author photo

Ajaran dalam Agama islam begitu komplit, mulai dari makan, berpakaian, hingga tidur pun ada adabnya sendiri. Seperti membaca doa, waktu tidur yang baik, bahkan hingga posisi tidur pun juga ada didalamnya.

Selain membaca doa, ternyata 5 ayat Al-Quran ini juga sangat dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur, karena memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Apa saja? ini dia seperti yang dikutip dari satumedia.

1. Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas
Aisyah radhiyallahu‘anha berkata, “Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlas), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas).

Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

2. Ayat Kursi
Abu Hurairah bertanya pada Rasulullah SAW tentang seseorang yang mengajarinya membaca ayat kursi, “Wahai Rasulullah SAW , ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.”

Nabi SAW bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.”

Nabi SAW pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi SAW berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari).

3. Dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkan-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Surat Al Kafirun
“Rasulullah SAW mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur.” (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi).

5. Surat Al Mulk dan As Sajdah
Dari Jabir bin Abdillah, beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah SAW tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (surat Al Mulk).” (HR Bukhari).

Subhanallah.. Betapa mulianya keutamaan membaca ayat-ayat tersebut saat sebelum tidur. Cobalah, Insya Allah akan terasa Manfaatnya..

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/ayat-ayat-ini-jika-dibaca-sebelum-tidur.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement