Sunday, March 19, 2017

Bacaan Shalat Itu-itu Aja? Coba 5 Cara Cepat Hafal Jus Amma Berikut Ini

author photo


Membaca surat pendek saat shalat, setelah membacac al-fatihah memang hukumnya sunnah, namun alangkah lebih baiknya jika melaksanakan sunnah ini. Seperti surat an-nas, al-ikhlas, atau surat al-falaq.

Namun, pernah gak sih kita merasa jika surat pendek yang kita baca itu-itu saja. hmmm.. jika begitu, cobalah untuk menghafalkan surat-surat pendek lain dengan cara simple berikut ini, seperti yang dikutip dari hipwee.

1. Niat yang kuat
Dasari dirimu dulu dengan niat dan konsistensi yang tinggi sebelum kamu memulai langkah selanjutnya. Tak harus menyiksa diri dengan membaca seluruh bagian Juz Amma, kamu bisa memulainya dengan surat-surat pendek yang dianggap paling mudah dan bacalah berulang-ulang agar lebih efektif.

Pelajari juga letak harokat serta tajwid yang benar supaya kamu nggak asal baca. Bila perlu, minta tolonglah pada teman atau guru mengaji yang lebih mumpuni dalam hal ini.

2. Menarget surat lain saat sedang shalat dengan menghafalnya
Dalam langkah ini kamu juga nggak perlu memaksakan kemampuanmu dalam menghafal surat-surat pendek, kok. Ganti saja bacaan surat-surat pendek yang sekiranya kamu bisa ketika Sholat dan targetkan dirimu untuk segera bisa bukan malah berleha-leha. Dengan begini, kamu akan terpacu untuk terus belajar Juz Amma dengan serius dan makin khusyu’ dalam sholat. Good luck!

3. Unduh Aplikasi dan file MP3 berisi lagu jus amma
Di era modern yang serba ada ini, kamu nggak perlu susah-susah untuk membawa Juz Amma kemana-mana jika ingin cepat menghafal surat-surat pendek di dalamnya. Unduh saja aplikasi Juz Amma di internet dan simpan pada laptp atau gadgetmu supaya makin mudah mengaksesnya kapan dan di mana saja. Buka, baca dan pelajarilah di kala sempat supaya kamu nggak cuma stalking account mantan melulu.

Anda juga bisa mendownload file mp3 yang berisi bacaan-baaan ayat pendek. Dijamin deh, ga butuh waktu lama, anda pasti akan hafal jus amma dengancepat

4. Manfaatkan waktu tengah malam untuk menghafal
Seperti saat menjalani Ujian Nasional dulu, bangun tengah malam sudah seperti kewajiban demi mendapat nilai yang bagus dan memuaskan saat lulus. Kantuk dan lelah yang menyerang seolah tak ada artinya ketika bayang-bayang kelulusan sudah di depan mata. Nah, sama halnya dengan bangun tengah malam untuk menghafal Juz Amma ini, kamu bisa melakukannya tanpa keterpaksaan demi menambah kekayaan bacaan surat-surat pendekmu. Gimana? Siap nggak?

5. Coba buat dairy dan cacatan
Catat dalam buku harianmu, progress-progress apa sajakah yang telah kamu dapat selama 30 hari menghafal. Paling tidak, 30 surat pendek yang telah kamu kuasai dan pahami secara seksama itu bisa diaplikasikan dalam sholat 5 waktu saja sudah cukup berhasil, kok.

Nah, gak sulit kan. Dengan niat yang kuat ditambah 4 tips lainnya, insya Allah tidak butuh waktu lama bacaan juz amma sudah kita hafalkan.

via http://www.wajibbaca.com/2017/03/bacaan-shalat-itu-itu-aja-coba-5-cara.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement