Monday, March 27, 2017

Cara Jitu Gampang Bangun Subuh Tiap Hari

author photo

Kalau sudah kebiasaan ngaret shalat subuh, rasanya berat banget buat memulai bangun lebih awal.

Tidur memang kegiatan yang paling enak. Apalagi bagi mereka yang hobi banget berlama-lama di kasur. Rasa-rasanya mager banget kalau sudah di atas kasur bareng bantal dan guling, sampai-sampai sering telat bangun.

Padahal bagi muslim, setiap paginya punya kewajiban untuk shalat subuh tepat pada waktunya. Hal ini tentu jadi salah satu tantangan, karena harus rela bangun lebih awal buat shalat subuh. Kalau sudah kebiasaan ngaret shalat subuh, rasanya berat banget buat memulai bangun lebih awal agar nggak telat subuhnya.

Kalau kamu merasa seperti itu, ada baiknya kamu coba 12 tips jitu biar kamu nggak telat bangun dan shalat subuh dari brilio.net berikut ini.

1. Segala sesuatu yang dilakukan pasti harus diawali dengan niat

Ya, niat memang punya peran yang kuat dalam melakukan berbagai hal, termasuk bangun subuh. Jadi, coba ubah niat bangun pagimu dari "agar nggak telat ke sekolah atau kampus" menjadi "agar nggak telat salat subuh". menurut M. Ulin Nuha, Takmir Masjid Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta, dengan niat itu, maka alam bawah sadarmu akan mempersiapkan diri untuk bangun sesuai yang kamu minta.

2. Jangan tidur larut malam

Nah, ini juga penting diperhatikan kalau kamu memang ingin bangun subuh. Tubuh setiap harinya perlu istirahat yang cukup. Kira-kira dalam sehari dibutuhkan waktu 5-7 jam untuk istirahat. Jika kamu tidur larut malam, maka otomatis akan berpengaruh pada bangunmu. Coba ikuti kata Bang Rhoma: jangan begadang kalau tiada artinya.

3. Pasang alarm

Alarm bisa menjadi senjata buat kamu yang ingin bangun tepat pada waktu yang kamu inginkan. Pasang alarm sekitar jam 4 pagi agar kamu ada persiapan untuk shalat subuh. Kamu bisa manfaatkan fitur alarm yang ada pada smartphonemu.

4. Jika kamu tipikal orang yang susah bangun, pasang alarm lebih dari satu

Ini catatan bagi orang yang susah banget bangun. Cobalah pasang alarm lebih dari satu, karena biasanya orang yang seperti ini hanya akan bangun untuk mematikan alarm yang berbunyi. Dengan alarm cadangan kedua dan ketiga, harapannya kamu tetap bisa bangun awal dan nggak telat salat subuh.

5. Minta bantuan orang lain

Jika memang kamu susah bangun dengan alarm, cobalah minta bantuan keluarga, teman terdekat, atau bahkan yang paling ampuh minta dibangunkan gebetan. Mintalah mereka buat membangunkan dengan berbagai cara, mulai dengan ketok pintu kamar hingga telepon kamu. Secara reputasimu akan jatuh di depan gebetanmu kalau ternyata doi tahu kamu sulit dibangunkan untuk shalat subuh.

6. Usahakan jangan makan berat sebelum tidur

Usahakan untuk jangan makan sebelum tidur, karena kondisi perut yang terisi kenyang akan membuat kamu terbuai dengan nikmatnya tidur dan susah dibangunkan. Keadaan kenyang sebelum tidur juga membuat kamu akan bangun dengan keadaan capek. Ketika kekenyangan, asupan oksigenmu akan berkurang antara 20-40%. Itu akan membuat kamu hiperventilasi yang akan membuatmu susah mendengarkan azan subuh maupun alarm.

7. Pastikan ada risiko jika nggak bangun subuh

Memastikan ada risiko jika kamu nggak bangun subuh bisa jadi cara yang jitu untuk membuat alam bawah sadarmu memaksa untuk bangun subuh. Misalnya kamu akan dimarahi oleh orangtua kalau kamu telat salat subuh. Bisa juga dengan risiko lain sesuai keadaanmu.

8. Beri hukuman buat diri sendiri jika telat bangun subuh

Memang orang Indonesia itu baru takluk sama yang namanya hukuman. Menurut Suratman, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, memberikan janji hukuman jika telat bangun bisa menjadi cara agar tak telat salat subuh buat dirinya. Misalnya kamu berjanji pada dirimu sendiri kalau telat bangun dan shalat subuh, maka seharian itu kamu akan makan pakai tahu dan tempe. Nah, kamulah yang tahu ukuran hukuman yang pantas buatmu sendiri.

9. Bersihkan diri dan berwudhulah!

Membersihkan diri ternyata juga bisa menjadi cara untuk lebih bisa bangun awal. Jangan lupa cuci muka dan gosok gigi. Lebih baik lagi jika berwudhu, karena selain membersihkan muka dan mulut, kamu juga malah mendapatkan pahala karena melakukan kesunahan sebelum tidur. "Itu pengaruhnya sama suasana diri atau keadan fisik saat tidur sih," kata M. Ulin Nuha kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

10. Buatlah waktu tidur yang konsisten

Segala sesuatu yang konsisten pasti akan berdampak baik. Begitu juga dengan tidur. Coba buat waktu tidurmu secara konsisten, misalnya tidur mulai pukul 22.00 dan bangun pukul 04.00. Jika itu bisa kamu lakukan selama satu minggu, maka bangun subuh tanpa cara alarm bukan masalah bagimu.

11. Baca surat-surat pendek sebelum tidur

Menurut M. Ulin Nuha, melakukan hal-hal yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW bisa mempermudah kita untuk bangun. "Cobalah sebelum tidur membaca Surat Al Ikhlas 3x, Surat Al Falaq, Surat An Nas, Surat Al Fatihah, Ayat Kursi, dan tiga ayat terakhir Surat Al Baqarah, selain mempermudan bangun juga kita mendapatkan pahalanya," kata M. Ulin Nuha.

12. Jika poin nomor 11 berat, cukup baca doa sebelum tidur

Nah, jika memang poin nomor 11 berat buat kamu lakukan, cukuplah kamu mengucapkan doa sebelum tidur.'

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/cara-jitu-ini-bikin-kamu-nggak-perlu.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement