Sunday, March 26, 2017

Jangan Cabut Uban, Rasulullah Melarangmu Untuk Itu! Lho Kenapa?

author photo

Uban atau rambut berwarna putih yang tumbuh di kepala biasanya akan muncul ke permukaan ditandai dengan menuanya usia seseorang. Namun ada diantaranya yang tumbuh uban di usia dini. Uban merupakan fase kehidupan yang akan dilewati oleh manusia. Hal itu bisa menjadi bentuk peringatan bahwa usianya tidak muda lagi.

Dalam Al Qur’an Allah berfirman, “Allah, dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan dialah yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS Ar Ruum : 54)

Hadis daripada 'Abdullah bin' Umar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Uban adalah cahaya bg seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban-walaupun sehelai dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan darjatnya, "(HR. Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami 'Ash Shogir mengatakan bahawa hadis ini hasan).

Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah, yg lebih dikenali dengan Ibnu Hibban, dalam kitab Shahihnya juga menyebutkan pembahasan "Hadith yg menceritakan bahawa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan derajat seorang muslim kerana uban yang dia jaga di dunia."

Lalu Ibnu Hibban membawakan hadith berikut. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah mencabut uban kerana uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat, "(HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Selalu ada yang tak pernah terpikirkan oleh akal. yakni ketika kita sebagai manusia yg hidup di zaman penuh teknologi, dimana melibatkan hampir semua perintah Rasulullah yang menyangkut ilmu pengetahuan. Misalnya saja, larangan seorang Muslim yang tidak boleh minum sambil berdiri. Begitu juga dengan keajaiban yang tersimpan di setiap helai rambut yang sudah memutih, alias uban.

Pada tahun 2012, Ismael Galvan Galvan dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Spanyol melakukan kajian, mengenai uban. Dari hasil para penyelidik itu, ternyata uban merupakan tanda seseorang yang mempunyai hidup sehat. Ia menambahkan bahaya mencabut uban yaitu bisa membuat kerusakan pada folikel rambut dan saraf sekitar rambut. Hal lainnya yaitu dapat menyebabkan infeksi pada bekas cabutan, sehingga akan terhambat pertumbuhan dan warna rambut.

"Pada manusia, melanin kulit, rambut dan bulu merupakan jenis yang sama. Hal ini meyakinkan pengetahuan tentang kesan fisiologi pigmentasi," kata Galvan.

Uban menandakan ketiadaan melanin. Artinya, uban merupakan tanda hidup yg sehat.

"Jauh dari tanda berkaitan penuaan, uban menunjukkan keadaan yang baik," katanya. Jadi, apakah Anda sudah beruban? Subhanallah.

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/jangan-cabut-uban-rasulullah-melarangmu.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement