Friday, March 31, 2017

Mereka Tidak Takut Miskin Demi Menafkahimu Tapi Kamu Takut Kekurangan Saat Mereka Tidak Bisa Lagi Menafkahimu

author photo

Bagaimana rasanya saat anda mendapatkan gaji pertama di akhir bulan pertama anda bekerja ? untuk siapa uang itu akan kamu berikan, atau mungkin kamu bagikan ? atau mungkin bakalan di habiskan untuk kesenangan sendiri ?

Setelah bulan pertama sudah berlalu, bulan berikutnya mulai datang dan gaji pun tidak pernah telat mengisi rekening tabunganmu. pernah terfikir untuk membagikan jeri payah hasil kerja untuk di nikmati bersama orang tua?

Dalil dalam al-Quran, "dan Tuhanmu telah telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya." (Al Isra': 23).

Termasuk berbuat baik pada ibu bapak adalah membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka saat mereka sudah tidak mampu lagi bekerja maupun memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri.

Dari sahabat Abdullah bin Amr, salah seorang sahabat mendatangi Nabi, dan bertanya tentang harta yang ia miliki namun ia mempunyai orangtua yang miskin. Ia lalu bertanya apakah ia wajib menafkahi orangtuanya? Nabi pun menjawab, "Sesungguhnya kamu dan hartamu adalah milik orangtuamu. Dan anak-anakmu adalah bagian dari penghasilanmu yang baik, maka makanlah dari penghasilan anak-anakmu." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa penghasilan anak menjadi bagian penghasilan orangtuanya. Maka menafkahi orangtua pun menjadi kewajiban anak, karena itu bagian dari penghasilan mereka.

Menjadi kewajiban seorang anak untuk menafkahi orangtuanya, bila orangtuanya tidak memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Nafkah tersebut menjadi kewajiban anak-anaknya, setelah sang anak utamanya anak laki-laki mencukupi kewajiban terhadap istri dan anak-anaknya sendiri.

Jika sang orangtua tidak miskin dan masih punya pemasukan misalnya pemasukan dari uang pensiun, maka memberi nafkah pada orangtua menjadi nggak wajib. Kecuali kalau memang ada kelebihan harta dan memang ingin memberi. Asal nggak mendzolimi diri sendiri dan keluarga (buat yang sudah menikah), sah-sah saja melakukan hal itu sebagai bentuk birrul walidain.
Allahu a'lam

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/mereka-tidak-takut-miskin-demi.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement