Friday, March 24, 2017

Saat Ditanya Pekerjaan Paling Mulia , Ini Jawaban Rasulullah

author photo

Setiap orang pasti memiliki tipe masing-masing dalam memilih pekerjaan. Namun apa ya kira-kira pekerjaan terbaik dan paling mulia di bumi?

Dikutip dari inspiradata, bicara soal pekerjaan terbaik, Rasulullah SAW Punya jawaban sendiri. Mari kita simak sabda rasulullah berikut ini. Dari Said bin Umair dari pamannya, dia berkata, “Rasulullah SAW ditanya, “Pekerjaan apakah yang paling baik?” Beliau menjawab, “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua pekerjaan yang baik,” (HR. Baihaqi dan Al Hakim; shahih lighairihi).

Dari Khalih, ia berkata, “Nabi SAW ditanya tentang pekerjaan yang paling utama. Beliau menjawab, “Perniagaan yang baik dan pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri,” (HR. Al Bazzar dan Thabrani dalam Al Mujam Kabir; shahih lighairihi).

Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Rasulullah SAW ditanya, “Pekerjaan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perniagaan yang baik,” (HR. Thabrani dalam Al Mujam Kabir; shahih).

Dari Rafi bin Khadij, ia berkata, “Rasulullah ditanya, “Wahai Rasulullah, pekerjaan apakah yang paling baik?” Beliau menjawab, “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan setiap perniagaan yang baik,” (HR. Ahmad dan Al Bazzar; shahih lighairihi).

Keempat hadits di atas menjelaskan tentang jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya soal pekerjaan paling baik. Beliau menjawab bahwa pekerjaan yang paling baik yakni pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan perniagaan yang baik.

Maksudnya adalah pekerjaan tanpa memintga-minta. Banyak pekerjaan yang dimaksudkan, seperti tukang batu, guru, dokter dan masih banyak lagi. Sedangkan maksud perniagaan yang baik, yaitu perdagangan tanpa adanya penipuan. Entah itu mengurangi atau menyembunyikan kerusakan barang yang dijual.

Yang terpenting, apapun pekerjaannya akan menjadi suatu pekerjaan yang paling baik. Asal pekerjaan itu termasuk halal dan bukan meminta-minta.

Sumber ; http://www.wajibbaca.com/2017/03/saat-ditanya-pekerjaan-paling-mulia-ini_19.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement