Friday, March 31, 2017

Trauma Cinta? Yuk Kenali dan Simak Cara Mengatasinya!

author photo

Jatuh cinta, berjuta indahnya. Mungkin begitulah kata sebuah bait lagu yang menggambarkan bahwa rasa mencintai itu sangatlah indah dan penuh dengan ungkapan rasa. Jatuh cinta memang menyenangkan. Merasa dicintai dan mencintai akan membuat perasaan menjadi berbunga-bunga. Sayangnya bagi beberapa orang cinta dapat menjadi sebuah drama.

Drama yang terjadi biasanya membuat beberapa orang sangat malas untuk sekedar mencintai dan yang pasti membuat gundah hati. Namun, memang ada pula drama yang tercipta karena akibat sebuah fobia. Fobia atau ketakutan berlebihan bisa terjadi karena apa saja, termasuk urusan cinta. Ketakutan ini bisa berupa gemetar, takut mendengar, maupun berdekatan dengan pasangan. Serem ya?

Daripada terus menerus larut dalam sebuah ketakutan. Berikut ini adalah beberapa jenis fobia cinta. Yuk, simak penjelasannya berikut ini, dan cari tahu cara mengatasinya juga.

1. Gymnophobia

Fobia ini ditandai dengan ketakutan melihat tubuh yang telanjang, baik tubuh sendiri maupun pasangan. Fobia ini terjadi karena adanya trauma masa lalu atau kekerasan seksual yang dialami waktu kecil. Memberikan keyakinan pada pasangan bahwa hubungan yang dijalani adalah penuh cinta akan membantu untuk mengurangi risiko fobia ini.

2. Tocaphobia

Fobia ini disebabkan karena rasa takut melahirkan. Ada trauma pada proses melahirkan sehingga menyebabkan trauma dan ketakutan pada melahirkan berikutnya. Pada fobia akut, penderita akan mengalami segala ketakutan yang berhubungan dengan melahirkan. Untuk menghindari phobia ini sebaiknya hindari membicarakan tentang melahirkan.

3. Philemaphobia

Salah satu fobia yang disebabkan rasa takut pada ciuman. Fobia ini disebabkan trauma pada masa lalu, seperti traumatis saat ciuman dan ketakutan dengan mencium bau napas pasangan. Bersikap lebih tenang dan saling mengerti akan mengurangi risiko fobia ini.

4. Heterophobia

Heterophobia adalah ketakutan untuk bersentuhan dengan lawan jenisnya. Fobia ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli pria maupun wanita. Fobia ini terjadi akibat adanya rasa takut dan rasa trauma. Heterophobia tidak sama dengan homoseksual, karena pengidap heterophobia belum tentu suka dengan sesama jenis.

Itulah beberapa jenis fobia yang terjadi karena cinta. Jika memang kamu atau pun pasangan mengalami fobia di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada psikolog. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/trauma-cinta-yuk-kenali-dan-simak-cara.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement