Thursday, April 27, 2017

5 Dampak yang Berimbas Pada Anak Jika Orang Tua Banyak Amal Salih

author photo

Amal dan kesalihan kedua orang tua memiliki dampak terhadap kesalihan anak-anak mereka, baik di dunia maupun di akhirat. Demikian pula amal buruk dan berbagai dosa besar yang dilakukan ayah maupun ibu, memiliki pengaruh buruk pada pendidikan buah hati keduanya. Dampak amal salih atau amal buruk tersebut dapat terjadi pada berbagai bentuk, di antaranya:

Adanya keberkahan pada amal salih tersebut dan pahala dari Allah Ta’ala. Di antara bentuk keberkahan dari amal salih yang dilakukan seorang hamba adalah Allah Ta’ala menganugerahkan taufik kepada orang tersebut untuk senantiasa beramal kebaikan dan kemudahan dalam melakukan berbagai ketaatan selanjutnya kepada–Nya. Sebaliknya, amal buruk dapat menjadi bencana dan hukuman dari Allah Ta’ala bagi pelakunya.

Boleh jadi balasannya berupa kebaikan yang tergambar pada anak-anak mereka. Namun boleh jadi juga dalam bentuk hukuman yang terlihat pada anak-anak disebabkan amal buruk kedua orang tuanya.

Berupa penjagaan Allah Ta’ala atas anak-anak mereka. Allah Ta’ala yang mengurusi perkara-perkara (kebutuhan) mereka. Allah Ta’ala luaskan rizki mereka dan Allah juga yang senantiasa menjaga kesehatan jasmani anak-anak mereka.

Dampaknya juga dapat berupa penyimpangan anak-anak mereka dari jalan kebenaran.
Berupa berbagai bencana, penyakit dan timbulnya masalah demi masalah.

Oleh sebab itu, hendaklah kedua orang tua memperbanyak amal salih sehingga dampaknya pun akan tercermin pada anak-anak mereka.

Berdasarkan penafsiran ini dapat diambil faidah bahwa kesalihan orang tua tidak hanya berpengaruh sebatas anak mereka langsung. Namun, dapat saja berpengaruh pada beberapa keturunan di bawahnya. AllahuTa’ala a’lam.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, perbaikilah makanan, minuman dan pakaian kita sehingga kita bisa menengadahkan kedua tangan untuk berdoa dengan tangan yang bersih dan jiwa yang suci. Kita berharap bahwa Allah Ta’ala akan mengabulkan doa untuk anak-anak kita, memperbaiki keadaan mereka dan memberikan keberkahan bagimu atas mereka. dikutip dari muslimah.or.id

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/04/5-dampak-yang-berimbas-pada-anak-jika.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement