Thursday, April 6, 2017

Ini Penyakit yang Sangat Banyak Intai Pekerja Kantoran

author photo

Pekerja kantoran biasanya menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di depan layar komputer. Meski tak banyak bergerak, duduk terlalu lama justru memicu berbagai keluhan termasuk nyeri pinggang.

Dokter Sapto Adji SpOT dari divisi Bedah orthopedi RS Premier Bintaro mengungkapkan, hampir 51 persen pekerja mengeluh nyeri di bagian pinggang, leher, bahu karena pekerjaan mereka sehari-hari. Dari keluhan ini, tujuh persen pekerja kantoran menjadi tidak produktif dan sembilan persen mengaku sulit konsentrasi.

"Beberapa orang mengabaikan nyeri saat bekerja, kalau sudah istirahat hilang itu karena masih stadium awal. Tapi kalau gejala sudah masuk stadium menengah dan lanjut, saat istirahat keluhan nyeri menetap," ujar dr Sapto pada temu media 'Center of Excellence Update' di Jakarta, Kamis (16/3/2017) lansir suara.com.

ARTIKEL PILIHAN
Ukhti Dipoligami Sakit Hati Kan? Tapi ini Alasan Kenapa Allah Mengizinkan Poligami

Ia menambahkan, duduk yang salah selama berjam-jam lamanya dapat memperberat beban di persendian pinggang sehingga memicu rasa nyeri.

Untuk itu, Ia menganjurkan agar para pekerja kantoran menyempatkan waktu untuk berdiri setiap dua jam, baik untuk sekadar mengambil air minum atau melakukan peregangan.

"Kalau duduk itu harus tegak, kalau perlu berikan penyangga di bagian kaki agar membentuk sudut 90 derajat. Tatapan mata harus lurus ke layar komputer, itu sebabnya kalau di kantor jangan pakai laptop karena laptop membuat leher sedikit menunduk," tambah dia.

Dokter Sapto juga mengimbau pada HRD di perusahaan agar memodifikasi ruang kerja yang ramah bagi kesehatan tulang dan sendi pekerjanya. Salah satunya memilih kursi beroda, dengan tinggi yang bisa diatur dengan postur karyawan.

"Batas monitor juga harus sejajar dengan mata, kalau di kantor sebaiknya disediakan komputer, bukan laptop karena laptop kan untuk mobile. Lalu juga imbau karyawannya untuk peregangan setiap dua jam. Sempatkan pula untuk olahraga setiap minggunya,” pungkasnya.

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/ini-penyakit-yang-sangat-banyak-intai.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement