Saturday, April 8, 2017

Jenis-Jenis Surga Allah Menurut Firman Allah dan Hadits

author photo

Surga merupakan tempat kembali yang dijanjikan oleh Allah di akhirat kelak bagi orang - orang yang mau meluangkan waktunya di dunia untuk mengerjakan amalan perbuatan yang shaleh.

Hal ini diterangkan oleh Allah SWT dalam salah satu firmannya yang artinya :

"(Apakah) perumpamaan (penghuni) Jannah yang dijanjikan kepada orang - orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai - sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai - sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai - sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai - sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah - buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?" (QS : Muhammad Ayat : 15).

Jadi surga adalah suatu tempat penuh kenikmatan yang disediakan Allah bagi hamba-hambanya yang bertakwa dengan melaksanakan semua apa yang diperintahkan dan menjauhi semua apa yang dilarang. Kenikmatan surga tidaklah bisa dibandingkan dengan kenikmatan dunia. Kebun-kebun yang ada di dunia saja sudah sangat memberikan kenikmatan bagi pemiliknya.

Apalagi kebun-kebun surga yang didalamnya terdapat berbagai sungai yang mengalir termasuk sungai khamar yang waktu di dunia diharamkan. Ditambah berbagai macan buah-buahan yang tidak usah susah payah dalam memetiknya karena buah-buahan tersebut yang datang menghampiri.

Macam-macam nama surga banyak disebutkan dalam Al-Qur'an lengkap dengan gambaran orang yang berhak menjadi penghuninya. Gambaran tersebut dapat dijadikan patokan bagi kita dalam memantaskan diri jika kita ingin meraih surga tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Surga Firdaus

Mengenai surga firdaus ini, dalam Al Qur'an, surat Al Kahfi, ayat 107, Allah swt. telah menegaskan:

"sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah 'surga firdaus menjadi tempat tinggal."

Juga penegasanya dalam Al Qur'an, surat Al Mu'minuun, ayat 9-11.

"Dan orang-orang yang memelihara shalat: Mereka itu adalah orang - orang yang akan mewarisi (yaitu) yang bakal mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya."

2. Surga Adn

Surga 'Adn ini telah banyak sekali dijelaskan dalam Al Qur'an. yaitu sebagai berikut: Firman Allah swt. di dalam surat Thaaha, tepatnya ayat 76.

"(Yakni) surga 'Adn yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal. dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang (dalam keaddan) bersih (saat didunianya dari berbagai dosa)."

Firman-nya lagi didalam surat Shaad, ayat 50 :

"(Yaitu) surga'Adn yang pintu - pintunya terbuka bagi mereka."

3. Surga Na'iim

Dalam Al Qur'an surat al Hajj, ayat 56. Allah swt. telah menegaskan :

"Maka orang - orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan."

Firman-nya lagi dalam surat Al Luqman, ayat 8 :

"Sesungguhnya orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka bakal mendapat surga yang penuh kenikmatan."

4. Surga Ma'wa

Banyak sekali didalam Al Qur'an dijelaskan, antara lain :
Surat As Sajdah, ayat 19 Allah swt. menegaskan:
"Adapun orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. maka bagi mereka mendapat surga - surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka:kerjakan."

Firman-nya lagi didalam surat An Naazi'aat, ayat 41:
"Maka sesungguhnya surga ma'walah tempat tinggal(nya)."

5. Surga Darussalam

Mengenai surga Darussalam ini, telah banyak dijelaskan didalam Al Qur'an, diantaranya ialah : Dalam surat Yunus, ayat 25 :
"Dan allah meriyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikhendaki-nya kepada jalan yang lurus."

6. Surga Daarul Muqoomah

Sesuai dengan penegasan allah swt. di dalam Al Qur'an, surat Faathir, ayat 34-35:

"Dan berkatalah mereka : Segala puji bagi allah yang telah mengapus (rasa) duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami adalah Maha Pengmpun lagi Maha Mensyukuri: Yang memberi tempat kami di dalam tempat yang kekal (surga) dan karunia-nya."

7. Surga maqoomul Amiin

Sesuai dangan penegasan Allah swt. didalam Al Qur'an, surat Ad Dukhan, ayat 51:
"sesungguhnya orang - orang yang bertawakal tinggal didalam tempat yang aman (surga)."

8. Surga Khuldi

Di dalam Al Qur'an tepatnya surat Al Furqaan, ayat 15, Allah swt. telah menegaskan :
"Katakanlah : "Apa (siksa) yang seperti itu yang baik, atau surga yang kekal, yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka."

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/jenis-jenis-surga-allah-menurut-firman.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement