Friday, April 21, 2017

Kecanduan Kafein? Lakukan 3 Hal Ini Agar Tak Melulu dengan "Si Hitam"!

author photo

Salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, juga termasuk olahan-olahan yang bisa diolah dari minuman tersebut sangatlah beragam. Benar, itulah kopi. terbuat dari biji kopi yang disangrai kemudian dihancurkan untuk mendapatkan serbuk yang halus, mengolahnya menjdi sebuah minuman pun sudah menjadi kebiasaan masyarakat urban sekarang ini.

Lantas, termasuk penggemar kopi yang harus ada setiap saat di meja makan? Jika ya, maka sekarang adalah waktu untuk berhati-hati. Sebab kecanduan kafein dalam bentuk teh maupun kopi, tanpa disadari dapat berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Sebagai langkah pencegahan, Anda harus pintar dalam mengonsumsinya. Misal satu cangkir kopi di pagi hari dan siang atau sore hari Anda boleh minum secangkir teh. Dengan mengonsumsi secara berselang-seling, takaran kafein per hari dapat dibatasi. Selain itu seperti dikutip laman Purewow, berikut tiga hal yang harus Anda lakukan saat kecanduan kafein.

1. Tidur cukup dan tepat waktu

Membiasakan diri untuk tidur cukup dan tepat waktu akan mengurangi pikiran dan kecanduan akan kafein. Saat tubuh mendapatkan tidur yang cukup, tubuh tak akan kelelahan, selalu fit, dan pada akhirnya seseorang tidak membutuhkan kafein yang terlalu banyak.

2. Ganti teh herbal

Teh hijau atau teh herbal lainnya yang bebas kafein bisa menjadi solusi untuk mengurangi kecanduan kafein. Teh beraroma jeruk dan mint dipercaya mampu mengatasi kecanduan kafein.

3. Minum air klorofil

Meski rasa dari air klorofil tidak senikmat kopi dan teh kesukaan, tapi sekali sehari minum air klorofil juga dapat menggantikan peran kafein dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari kafein dan mengurangi aktifitas minum kopi yang meskipun mampu membuat kecanduan, namun bisa lebih diminimalisir dengan upaya-upaya mudah tersebut. So, stay healthy guys!

Sumber ; http://www.wajibbaca.com/2017/04/kecanduan-kafein-lakukan-3-hal-ini-agar.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement