Sunday, April 2, 2017

Malas Olahraga, Berendam Saja dengan Air Panas! Benarkah Demikian?

author photo

Di era seperti sekarang ini, masih banyak sekali orang yang malas untuk pergi berolahraga. Sebuah dalih yang mengatakan bahwa sangat sibuk ataupun tak ada waktu untuk sekedar melakukan aktifitas otot, menjadikan beberapa orang mengambil hanya sedikit waktu untuk berolahraga.

Namun ternyata, jika sedang malas berolahraga, berendam dengan air panas efeknya akan sama! Apa iya? Memangnya olahraga sudah tak penting lagi?

Bukan begitu, seperti yang kita tahu jika tak ada yang lebih nikmat dari mandi air panas setelah berolahraga. Ternyata riset baru di jurnal Temperature menemukan mandi air panas saja membakar kalori dan membantu menurunkan kadar gula darah seperti yang didapat dari berolahraga.

Ahli fisiologi olahraga Steve Faulkner, PhD dan rekan-rekannya meneliti 14 pria untuk melihat bagaimana mandi air panas mempengaruhi gula darah dan pembakaran kalori. Hasilnya, satu jam berendam air panas membakar kurang lebih 140 kalori pada setiap orang. Itu setara jumlah kalori yang dibakar ketika berjalan selama 30 menit.

Bukan itu saja, gula darah yang memuncak setelah makan akan menurun ketika mandi air panas dibandingkan ketika mereka olahraga.

Meskipun hasil riset ini menarik, ini bukan alasan bagi kita untuk tak berolahraga. Pikirkan saja manfaat yang hilang ketika melewatkan waktu olahraga. Olahraga diketahui melindungi tubuh dari penyakit-penyakit tertentu, membuat panjang umur, membangun otot dan masih banyak manfaat lainnya.

Sampel dalam penelitian itu hanya 14 orang dewasa yang semuanya pria. Faulkner berharap melakukan studi yang serupa terhadap wanita segera. So, what do you think about this fact? Ingat, harus tetap berolahraga ya!

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/malas-olahraga-berendam-saja-dengan-air.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement