Wednesday, April 26, 2017

Muslimah, Suami Punya Hobi Yang Aneh Aneh, Dibiarkan Atau Dilarang ??

author photo

Ada yang hobi memelihara hewan liar seperti musang, ular, buaya, ada juga yang hobi koleksi cincin batu akik dari harga lumayan sampai harga tinggi, ada yang hobi fitness tiap malam, hobi silat, hobi fotografi, hobi traveling, bahkan ada suami yang hobinya nonton film di bioskop, kalau cuma seminggu sekali oke lah, tapi kalau tiap hari? Lebih baik sekalian jadi penjaga bioskop!

Sahabat, terkadang para istri bingung apakah harus membiarkan suaminya melakukan hobi yang digemari, se-aneh apapun hobi itu, ataukah harus bertindak tegas dengan melarangnya. Simak ulasan berikut!

1. Selama tidak bertentangan dengan syariat, biarkan saja

Jika suami hobi nonton film porno, tentu harus kita larang! Atau, hobi memandikan keris pusaka, pasti istri harus bertindak tegas. Tapi kalau hobi suami sekadar memelihara burung, dan ia pun bisa merawat dengan baik, maka istri sebaiknya membiarkan saja, bahkan kalau bersifat positif… dukunglah suami agar ia lebih lagi dalam mencintai istri.

2. Selama masih memenuhi hak istri dan keluarga, biarkan saja

Kalau suami sudah lupa waktu mengurus hobinya main game, sehingga malas bekerja dan tidak menafkahi keluarga, tentu harus ambil tindakan tegas! Akan tetapi jika suami masih memenuhi hak istri, anak, serta keluarga besar, istri harus lebih lapang dada menerima hobi anehnya tersebut.

3. Selama tidak berlebihan, biarkan saja

Allah tidak menyukai segala yang berlebih-lebihan, meskipun sesuatu itu baik. Maka, jagalah agar suami tak berlebihan dalam melakukan hobinya. Yang suka mengoleksi tanaman hias, yaa jangan sampai setiap inchi rumah dipenuhi tanaman hias.

Buatlah batasan yang tegas agar hobinya tetap on the track, tidak jadi lebay. Misal, yang hobi main game dengan teman-teman, boleh saja kalau dilakukan seminggu sekali menjelang weekend, di luar itu jangan!

4. Selama tidak membahayakan nyawa dan kesehatan, biarkan saja

Jika hobi suami adalah merokok, tentu saja perlu dilarang oleh istri, karena selain membahayakan kesehatan sendiri, juga berbahaya untuk kesehatan keluarga.

5. Selama tidak mengganggu orang lain, biarkan saja

Bila suami punya hobi memelihara kambing, dan kambing tersebut itu merusak rumput tetangga, tentu saja perlu kita nasehati, akan tetapi jika hobi suami tidak sampai mengganggu ketenangan orang lain, rasa-rasanya bisa kita support saja.

Perlu diketahui bahwa sama seperti kita, suami pun memerlukan waktu pelampiasan melakukan hal-hal yang ia gemari, jika istri selalu melarang suami untuk melakukan hobinya, apalagi kalau sampai membanding-bandingkan diri sendiri dengan hobi suami dan menyatakan bahwa suami lebih sayang hobinya daripada istri, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah dalam rumah tangga.

Demikianlah beberapa catatan yang perlu istri perhatikan, selama suami masih pada jalur yang wajar, biarkan ia menikmati hobinya tersebut. Semoga dengan demikian, ia lebih menghargai Anda sebagai istri yang bijak.

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/04/muslimah-suami-punya-hobi-yang-aneh.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement