Wednesday, April 12, 2017

Ulang Tahun Dilempari Telur, Seketika Mata Yusuf (16) Mendadak Tak Bisa Melihat

author photo

Nasib nahas menimpa Muhammad Yusuf Permana (16). Mata kirinya mendadak tak bisa melihat pasca dilempari telur busuk oleh teman-temannya saat ulang tahun.

Kebutaan itu lantas dikaitkan dengan adanya bakteri dari telur busuk yang menyerang bagian kornea mata. Namun, benarkah telur busuk dapat menyebabkan seseorang kehilangan penglihatannya?

Facebook Muhammad Yusuf Permana

Dikutip dari kumparan, pernyataan tersebut dikonfirmasi ke dr Gitalisa Andayani, SpM(K). Menurut dokter spesialis mata dari RS Cipto Mangunkusumo itu, kemungkinan Yusuf mengalami infeksi kornea atau keratitis akibat pecahan cangkang telur.

"Bisa saja mata iritasi akibat kontak dengan bahan busuk tersebut. Tapi yang lebih berbahaya sebenarnya adalah cangkang telur, yang kalau pecah, tepinya tajam bisa melukai kornea," ucap dr Gitalisa Andayani, SpM(K) dilansir kumparan.com, Sabtu (8/4).

Jika sudah terlanjur mengalami infeksi kornea, maka tindakan yang bisa dilakukan adalah operasi.

"Kalau pun sembuh atau membaik akan meninggalkan jaringan parut pada kornea, sehingga perlu transplantasi," sambung dr Gita.

Menurut dokter Gita, masalah bakteri di dalam telur busuk yang dikaitkan dengan kebutaan perlu di teliti lebih lanjut. Ia menegaskan, pada dasarnya mata adalah organ tubuh yang sensitif, sehingga perlu dilindungi dari benda-benda atau zat berbahaya yang bisa menyebabkan iritasi, seperti: asap, cairan kimia, ataupun pecahan metal.

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/04/ulang-tahun-dilempari-telur-seketika.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement