Monday, April 10, 2017

Videonya Ditonton Lebih 4 Juta Kali, Jika Benar, ini Asal Usul Suku Mante di Pedalaman Aceh

author photo

Suku Mante di belantara Aceh belakangan menjadi buah bibir setelah ada video penampakan sosok mungil yang viral di dunia maya. Sosok yang ada di video itu diduga manusia Mante yang hidup di pedalaman hutan Aceh dan melegenda.

Suku Mante diyakini telah ada di Aceh sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Mereka digambarkan bertubuh kerdil, badannya bungkuk dan kakinya kecil. Sangat gesit saat berlari. Mereka diduga tersebar di belantara Aceh Timur, Aceh Besar, Pidie hingga ke bagian tengah Aceh atau dataran tinggi Gayo.

Melansir okezone.com. sejarawan sekaligus arkeolog Aceh, Husaini Ibrahim menuturkan, asal usul suku Mante berawal dari rumah 12 yang ada di Aceh Besar pada ribuan tahun lalu. Setelah membangun tempat huni khas masa lalu, mereka kemudian memilih bertahan di belantara hutan saat para pendatang mulai masuk ke Aceh.

“Asalnya dari Aceh Besar, dulu dikenal dengan istilah rumoh 12. Mulanya mereka membuat rumah 12 buah di Aceh Besar. Kemudian menyebar ke lokasi lain karena terdesak pengaruh saat masuk orang Hindu, Budha, orang Islam,” kata Husaini kepada Okezone di Banda Aceh, Senin (27/3/2017).

Husaini tidak bercerita banyak soal kisah 12 rumah tersebut. Namun ia mengaku asal muasal suku Mante memang berawal dari Aceh Besar usai dibangun 12 rumah banjar di masa lalu.

Akibat makin banyak pendatang dan peradaban Hindu Budha hingga peradaban Islam, menurut Husaini, suku Mante pun memilih mengasingkan diri ke hutan. Hingga sekarang, orang-orang Mante diyakini masih ada di hutan Aceh.

Apalagi perawakan kelompok ini masih bersifat primitif dan enggan dekat dengan manusia. Meski begitu suku Mante dipastikan juga sebagai manusia. "Tingginya rata-rata 60 sentimeter dan paling tinggi 1 meter," tandasnya.

Sumber; http://www.wajibbaca.com/2017/03/videonya-ditonton-sampai-4-juta-kali.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement