Monday, May 15, 2017

Mengaku Islam Tapi Koq Begitu?

author photo

"Islam tapi koq kumuh?". Mungkin itu ucapan yang kadang terucap dari lisan sebagian umat Islam. Atau ada pula yang berkata : "Islam kok malas?", atau "Islam kok menipu?", dst.

“Islam tapi koq kumuh?“. Mungkin itu ucapan yang kadang terucap dari lisan sebagian umat Islam. Atau ada pula yang berkata : “Islam kok malas?“, atau “Islam kok menipu?“, dst.

Sobat ketahuilah bahwa ucapan di atas pastilah tidak tepat karena Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk hidup kumuh, malas, menipu atau tindakan menyimpang lainnya. Islam hanya mengajarkan kebaikan, dan jalan hidup yang paling bagus lagi lurus sehingga pasti akan berakhir di pintu surga Allah. Ia berfirman,

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

“Sejatinya Al Qur’an ini menunjukkan kepada jalan yang paling lurus dan membawa kabar gembira bagi orang orang yang beriman lagi beramal shaleh bahwa mereka pastilah mendapatkan pahala yang besar“. (QS. Al Isra’: 9).

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:

أكمل المؤمنين إيمانا، أحسنهم خلقا

“Orang beriman yang paling sempurna imannya ialah orang yang paling baik akhlaqnya” (HR. Abu Daud 4682, At Tirmidzi 1162, ia berkata: “hasan shahih”)

Adapun umat Islam, maka di antara mereka ada yang kumuh, malas, bodoh, kaku, kejam dan lainnya. Namun tentu itu semua tidak mewakili Islam, itu adalah bentuk penyimpangan mereka dari syariat Islam. Bahkan bisa jadi kita, saya atau anda adalah salah satu oknum muslim yang melakukan sebagian perilaku menyimpang di atas.

Andai kita semua menjalankan islam seutuhnya niscaya semua itu tidak terjadi, simaklah firman Allah berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

“Wahai orang orang yang beriman masuklah kalian semua kedalam islam secara menyeluruh, dan janganlah kalian mengikuti langkah langkah setan, sejatinya setan itu adalah musuh kalian yang nyata“. (Qs. Al Baqarah: 208)

Sumber: https://muslim.or.id/19815-mengaku-islam-tapi-koq-kumuh.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement