Sunday, July 30, 2017

Bahagia Dunia dan Akhirat

author photo

Islam ialah satu - satunya agama yang di ridhoi oleh Alllah SWT, dan hadir sebagai penyempurna dari yang sempurna yang telah di ajarkan oleh nabi sebelum nabi Muhammad SAW. Diantara salah satu karakteristik dari agama Islam ialah Syumuliyah (universal) keuniversalan Islam tidak hanya mengatur ubudiyah semata, melainkan mengatur seluruh sendi kehidupan, termasuk dalam maslah keduniaan yang sering disebut dengan istilah mu'amalah

Hadirnya Islam dalam hal mengatur ubudiyah dan mu'amalah, ialah bertujuan untuk mengantarkan pemeluknya untuk meraih kesuksesan yang hakiki. Dalam kacamata Islam kesuksesan hakiki adalah mana kala kelak di masukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka serta mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-qur'an surah Al - Imron ayat 185 yang artinya "Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia sangat beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan".

Karena itulah Islam datang dengan membawa konsep yang sangat jelas, sebab Al - qur'an yang menjadi pedoman hidupnya berfungsi sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa. 
Karena itulah Allah berfirman dalam surah Al - Baqarah ayat 197 yang artinya : Berbekalah, karena sebaik - baik bekal adalah taqwa, (karena itu) bertaqwalah kalian kepada-ku wahai orang - orang yang berakal. 

Sebagai penunjang utama agar kita mampu untuk merealisasikan ketaqwaan dan berkontribusi terhadap kebaikan dan amal sholeh adalah harta. karena itu Allah juga berfirman dlam surah Al - qhasas ayat 77 yang artinya : Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagiamu dari kenikmatan duniawi. Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi, karena Allah tidak menyukai orang - orang yang berbuat kerusakan. 


Saudaraku yang dicintai oleh Allah SWT


Untuk meraih harta yang berkah terdapet kaidah dan aturan yang di bakukan oleh agama Islam yang lebih di keang dengan bahsa mu'amalah maaliyah
Pada ayat diatas terkandung beberapa seruan Allah ta'ala yaitu :
  • Berorientasi pada kehidupan akhirat yang terbaik. 
  • Tidak boleh melupakan dunia (tawazun antara orientasi akhirat dan dunia tanpa dispisahkan). 
  • Berbuat ihsan. 
  • Tidak dibolehkan berbuat kerusakan di muka bumi.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement