Friday, August 11, 2017

Memilih Pemimpin Yang Muslim

author photo

Kepemimpinan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam Islam. Hal ini bisa dilihat dari begitu banyaknya ayat dan hadits Nabi SAW yang membahas tentang ini. Karena pemimpin merupakan salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan suatu masyarakat.

Dalam agama Islam yang menyangkut kehidupan umat manusia yang telah ada aturannnya yang sangat jelas dan detail. Sebagai contoh adalah ajaran (Syari'at) tentang tata cara bagaimana cara bersuci dari najis setelah kita buang air besar atau kecil dan lain sebagainya. 

Demikian juga dengan tata krama (adab) saat bersin, makan, minum, buang air, dan tata cara tutur kata. Padahal hal ini menyangkut yang dampaknya bersifatnya individual, karena itu sangat logis jika dalam persoalan yang lebih besar dan luas dampaknya, Islam sangat peduli. Contohnya dalam persoalan kepemimpinan ini, karena aspek kepemimpinan ini luar biasa besar dampaknya bagi seluruh umat di suatu negri. Hadits Nabi berikut ini sebagai salah satu bukti begitu seriusnya Islam memandang persoalan kepemimpinan ini. 
إِذَا كَانَ ثَلاَثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ 
Artinya : "Jika ada orang bertiga bepergian, hendaknya mereka mengangkat salah seorang diantara mereka sebagai pemimpin". (HR Abu Dawud dan Abu Hurairah).

Hadits ini secara jelas memberikan gambaran betapa pentingnya persoalan memilih pemimpin. Dan juga memperlihatkan bagaimana dalam sebuah kelompok Muslim yang sangat sedikitpun, nabi memerintahkan agar diantara mereka dipilih dan diangkat sebagai pemimpin kelompok tersebut.

Pemimpin Muslim ialah sebaik baik pemimpin bagi kaum muslimin lainnya


Salah satu bagian topik kepemimpinan yang banyak di bahas dalam Al-qur'an adalah soal memilih pemimpin non Muslim bagi kaum Muslimin. Al-qur'an telah banyak memberikan tuntunan dan petunjuk agar teat dalam memilih tokoh figur seorang pemimpin. Al-qur'an telah menjelaskan sangat gamblang mengenai laran memilih pemimpin non muslim.

Tidak cukup dengan kalimat bernada anjuran, ayat-ayat yang menjelaskan persoalan ini bahkan disampaikan dengan kalimat perintah dan larangan yang sangat tegas. Tidak sampai hanya disana, bahkan ada beberapa ayat yang disertai ancaman yang sangat serius bagi pelanggarnya.

Kesepakatan para ulama salaf dalam memahami ayat - ayat juga menunjukkan bahwa ayat -ayat tentang larangan memilih pemimpin non Muslim bagi kaum Muslimin telah menunjukkan derajat muttawatir. Sehingga tidak muncul perbedaan pendapat (khilafiyah) dikalangan mereka. Jikapun ada beberapa pendapat yang membolehkan memilih pemimpin non Muslim, itu umumnya di fatwakan oleh generasi muta'akhirin saat ini. Bukan dari kalangan salaf, karena itu pemahaman demikian biasanya hanya dipandang sebagai pemahaman yang nyeleneh (syadz) di kalangan para ulama ahli fiqh, bahkan bathil.

Anjuran memilih pemimpin yang Muslim


Fakta - fakta ini sekali lagi, memperlihatkan bahwa persoalan memilih pemimpin itu merupakan persoalan yang sangat penting dalam pandangan Islam. Karena memilih peminpin tidak hanya mencakup dimensi duniawi, tetapi juga mempunyai dimensi aqidah (ukhrawi).
Al-qur'an menunjukkan dengan jelas larangan memilih pemimpin non Muslim bagi wilayah yang mayoritas penduduknya Muslim. Allah SWT berfirman : 

لا يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَلَيْسَ مِنَ اللَّهِ فِي شَيْءٍ إِلا أَنْ تَتَّقُوا مِنْهُمْ تُقَاةً وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ

Artinya : "Janganlah Mu'minun mengambil kafirin sebagai sahabat lebih dari Mu'minin, dan barang siapa berbuat begitu, maka tidaklah ia (mendapat penjagaan) dari Allah di suatu apapun. Tetapi hendaklah kamu menjaga (diri) dari mereka (dengan) satu penjagaan (yang betul). Dan Allah ancam kamu (dengan siksaan) dari diri-Nya dan kepada Allah lah  datang kamu". (Q.S Al-'imron 3/28).
Demikianlah pengetahuan yang bisa kami tulis, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan bila artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya, untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Baca juga : 
This Is The Newest Post
Previous article Previous Post

Advertisement